Komponen-Komponen Komputer Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya.
Komponen-Komponen Komputer Beserta
Fungsi dan Cara Kerjanya.
Komputer yang biasa kita gunakan terdiri dari
bagian - bagian yang saling berhubungan sehingga komputer dapat berjalan dan
dioperasikan. Ada banyak bagian komputer yang perlu kita simak bersama-sama
sehingga bisa membantu kita dalam memahami sistem dan cara kerja pada komputer.
Bagian - bagian komputer inilah yang disebut komponen komputer. Maka pada
kesempatan ini saya akan membahas tentang komponen
komponen komputer beserta fungsi dan cara kerjanya.
Komponen
utama pada sebuah komputer ada 3 yaitu hardware, software dan brainware,
dan berikut ini adalah penjelasan ketiga komponen utama pada komputer :
Ø Hardware
Pengertian hardware atau biasa kita sebut perangkat keras adalah komponen yang dapat diraba dan dilihat yang membentuk suatu kesatuan.
Pengertian hardware atau biasa kita sebut perangkat keras adalah komponen yang dapat diraba dan dilihat yang membentuk suatu kesatuan.
Ø Software
Pengertian software (perangkat
lunak) adalah program-program komputer yang berfungsi untuk menjalankan
suatu pekerjaan dan program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang
dimengerti komputer. Software merupakan data elektronik yang disimpan komputer
bisa berupa program yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Contoh
software pada komputer adalah sitem operasi windows, microsoft word, flv dan
lain-lain.
Ø Brainware
Pengertian brainware (user)
adalah orang-orang yang menggunakan komputer.
Dari ketiga komponen diatas
secara garis besar ada 2 komponen yang sangat mempengaruhi sebuah komputer
yaitu hardware dan software dan pada kesempatan ini akan dibahas
secara detail mengenai hardware dan software.
1. Hardware
Hardware
pada komputer terdiri dari 3 bagian yaitu input, proses, dan output. Untuk
lebih memahami ketiga bagian tersebut mari kita bahas bersama-sama dibawah ini
:
·
Bagian
Input
Berfungsi untuk
memasukan data ke komputer, baik tulisan, gambar, suara, atau perintah.
Contohnya :
o
Keyboard
Adalah
sebuah papan ketik yang berfungsi memasukan huruf, angka, dan kode ke komputer.
Komponen ini adalah komponen yang paling sering digunakan.Sebuah
keyboard seperti miniatur komputer. Keyboard mempunyai prosesor sendiri dan
rangkaian sirkuit yang membawa informasi menuju dan dari prosesor tersebut.
Bagian terbesar dari rangkaian keyboard berupa “key matrix”.
o
Mouse
Berfungsi menggerakan cursor untuk
menyampaikan perintah user pada komputer, Ketika
mouse terhubung dengan komputer, lampu LED merah mulai bersinar. Cahayanya
fokus pada permukaan bawah mouse dengan lebih dulu melewati lensa tipe khusus
(HDNS-2100). Cahaya LED terpantul kembali ke kamera yang terintegrasi dengan
Sensor Optical Mouse. Kamera mengambil gambar dari permukaan dengan frekuensi
di kisaran 1500 - 6000 gambar per detik untuk menghitung posisi mouse.
Gambar-gambar ini diproses oleh Processor Digital Signal dan hasil koordinatnya
dikirim ke IC A2611D melalui transmisi data serial.
Kemudian, IC (A2611D) lainnya akan mengambil input serial dari sensor gambar dan tombol mouse, yang seterusnya dikonversi ke protokol USB dan mengirimkannya ke PC. Driver dari mouse yang terpasang pada komputer menerima koordinat dan menghasilkan gerakan kursor yang sesuai.
Kemudian, IC (A2611D) lainnya akan mengambil input serial dari sensor gambar dan tombol mouse, yang seterusnya dikonversi ke protokol USB dan mengirimkannya ke PC. Driver dari mouse yang terpasang pada komputer menerima koordinat dan menghasilkan gerakan kursor yang sesuai.
o
Touchpad
Fungsi dari touchpad sama seperti mouse, yaitu menggerakan pointer di layar
komputer. Bedanya touchpad menggunakan sentuhan untuk menggeser atau menggerakan
dari pointer.
Ada dua cara pokok bagaimana touchpad bekerja yaitu :
-
Dalam pendekatan
matriks, serangkaian konduktor diatur dalam sebuah array dari garis paralel
dalam dua lapisan, dipisahkan oleh isolator dan persimpangan satu sama lain
pada sudut yang tepat untuk membentuk grid. Sinyal frekuensi tinggi diberikan
secara berurutan antara pasangan dalam grid array dua dimensi. Arus yang lewat
di antara node sebanding dengan kapasitansi. Ketika virtual ground, seperti
jari, ditempatkan di atas salah satu persimpangan antara lapisan konduktif
beberapa bidang listrik dihubungsingkat ke titik ground ini, mengakibatkan
perubahan kapasitansi yang besar di titik itu. Metode ini menerima US Patent
5.305.017 diberikan kepada George Gerpheide pada bulan April 1994.
-
Capacitive shunt
method, dijelaskan dalam catatan aplikasi oleh Analog Devices, merasakan
perubahan kapasitansi antara pemancar dan penerima yang ada di sisi berlawanan
dari sensor. Pemancar menciptakan medan listrik yang berosilasi di 200-300 kHz.
Jika titik ground, seperti jari, ditempatkan antara pemancar dan penerima,
beberapa garis medan didorong menjauh,mengurangi kapasitas.
o
Track
ball
Adalah sebuah alat untuk menggerakan
pointer atau kursor di laptop atau komputer dengan cara di putar-putar,
sebenarnya mouse, touchpad dan tracball memiliki fungsi yang sama cuman cara
pemakaian yang berbeda. Prinsip kerja dari trackball hampir sama dengan mouse. Perbedaan
utama terletak pada konfigurasinya. Pada mouse operator harus menggerakkan
seluruh badan dari mouse tersebut,
sedangkan pada trackball badan dari trakcball tersebut tetap diam, tetapi
tangan operatorlah yang menggerakkan bola untuk menunjukkan perpindahan kursor.
o
Joystick
Adalah
sebuah piranti untuk memudahkan user atau pengguna bermain game di laptop atau
komputer. Cara kerja joystick sebenarnya cukup sederhana. Di bawah
stick terdapat 2 lubang, yakni horizontal dan vertikal. Lubang-lubang tersebut
berada pada sebuah tangkai berbentuk lengkungan. Saat joystick digerakkan
ke kanan atau kiri maka lubang di lengkungan vertikal akan bergerak karena
dorongan stick, sebaliknya jika digerakkan ke atas atau bawah maka lubang di
lengkungan horizontal akan bergerak karena dorongan stick. Setelah digerakkan,
maka sensor di joystick akan menerima pergerakan dan menyampaikannya ke saluran
yang terkoneksi.
o
Barcode
scanner
Bardcode
scanner berfungsi untuk memindai kode bar atau barcode. Ituloh kode yang
terdiri dari garis tebal dan tipis yang biasanya digunakan di kasir
supermarket. Seperangkat
Barcode Scanner terdiri dari scanner, decoder dan kabel yang menyambungkan
decoder dengan komputer. Barcode Scanner tersebut memindai symbol, menangkap
dan merubah kode bar menjadi data elektrik lalu mengirimkannya ke komputer
dengan format data yang sederhana.
o
Scanner
Berfungsi
untuk menscan atau memindai bentuk fisik untuk diubah dalam bentuk digital. Mesin yang terletak
dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning. Kemudian unit scanning
menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung
memulai scanning. Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan
bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan. Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti
proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor. Apabila hasil atau
tampilan teks / gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya
dengan menggunakan software-software aplikasi
yang ada. Misalnya dengan photoshop, Adobe dan lain- lain. pot scanned.
o
Web
Camera
Berfungsi
untuk merekam video atau memotret gambar yang dimaksukan langsung kedelam
komputer atau laptop, jadi webcam bisa dibilang sebagai kameranya komputer.
Sebagai tambahan webcam juga dapat digunakan untuk video call.
Sebuah
webcam yang sederhana terdiri dari: sebuah lensa standar, dipasang di sebuah
papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar, casing (cover), termasuk casing
depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan memiliki sebuah
lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar, kabel
support yang dibuat dari bahan yang fleksibel, salah satu ujungnya dihubungkan
dengan papan sirkuit dan ujung satu lagi memiliki connector, kabel ini
dikontrol untuk menyesuaikan ketinggian, arah dan sudut pandang kamera web.
Sebuah webcam biasanya dilengkapi dengan software, software ini mengambil
gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus ataupun dalam interval
waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Ada beberapa metode
penyiaran, metode yang paling umum adalah hardware mengubah gambar ke dalam
bentuk file JPG dan menguploadnya ke web server menggunakan File Transfer
Protocol (FTP).
o
DVD Player atau Optical Disc Drive
Berfungsi
sebagai pembaca data yang berada di CD/DVD entah itu
video/film, musik atau lain-lain. ODD pada umumnya memiliki bentuk persegi dimana
terdapat tempat untuk meletakkan CD maupun DVD, yang digerakkan secara otomatis
menggunakan motor. Motor ini akan menggerakkan tempat CD dan DVD keluar dan
masuk jika kita menekan tombol open. ODD bekerja membaca dan menulis data dari
dan ke CD maupun DVD melalui sinar laser pada spektrum cahaya mendekati
spektrum cahaya tampak. Sinar laser pada ODD mempunyai intensitas yang lebih
kuat ketika digunakan untuk menulis data, dibandingkan saat menjalankan fungsi
untuk membaca data. Laser ini akan mencetak dan membaca data dari kepingan CD
ataupun DVD yang berputar.
Umumnya perangkat ODD mempunyai kecepatan
memutar kepingan CD dan DVD sebesar 1.600 sampai dengan 4.000 rpm. Kecepatan
ini masih kalah jauh dibandingkan perputaran optik pada HDD. Kapasitas
kecepatan perputaran sebuah ODD menunjukkan kecepatan perangkat tersebut dalam
membaca dan menulis data.
·
Piranti proses
Berfungsi sebagai penghitung dan
pemroses data yang dimasukan kedalam komputer.
o
Memory (RAM)
RAM adalah komponen komputer
yang berfungsi untuk penyimpanan data sementara ketika kita menjalankan program
komputer. RAM biasanya digunakan untuk menyimpan data atau sering disebut dengan
memori data saat program bekerja. Data yang ada pada RAM akan hilang bila satu
daya dari RAM dimatikan sehingga RAM hanya dapat digunakan untuk menyimpan data
sementara. Sedangakan pendapat berbeda dari pengertian RAM yaitu merupakan
memory penyimpanan data yang isinya dapat diubah atau dihapus. RAM biasanya
berisi data-data variabel dan register. Data yang tersimpan pada RAM bersifat
hilang(volatile) jika catu daya yang terhubung padanya diputuskan atau
dimatikan.
Teknologi RAM dapat dibagi menjadi dua, yaitu statik dan dinamik. RAM
dinamik tersusun oleh sel-sel yang menyimpan data sebagai muatan listrik pada
kapasitor. Ada tidaknya muatan dala sebagai bilangan biner 1 atau 0. Oleh
karena itu kapasitor memiliki kecenderungan alami untuk mengosongkan muatan,
RAM dinamik memerlukan pengisian muatan secara periodik untuk memelihara
penyimpanan data. Pada RAM statik, nilai biner disimpan menggunakan konfigurasi gatc logika flip – flop. RAM menyimpan data selama
aliran daya diberikan padanya.
o
Hardisk
Hardisk adalah komponen perangkat keras (hardware) pendukung komputer
yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang
dilakukan oleh komputer. Pada harddisk terdapat sebuah komponen yang bernama
platter yang terdiri dari material magnetik yang terbagi menjadi milyaran area
yang sangat kecil. Setiap area tersebut dapat diberikan gaya magnet (untuk
menyimpan 1) atau tidak diberikan gaya magnet (untuk menyimpan 0). Dengan
menyatukan nilai-nilai tersebut maka akan menghasilkan sebuah informasi.
Misalnya satu kata mewakili 1 byte atau 8 bit.
Gaya magnet
digunakan pada penyimpanan komputer karena dengan demikian data pada komputer
dapat tersimpan meski perangkat telah dimatikan. Ketika anda menyimpan data
pada harddisk, data tersebut tidak hanya lansung ditulis berhamburan begitu
saja di platter. Data tersebut disimpan dengan sangat rapi pada
pola platter. Bit data tersusun secara konsentris dan melingkar yang kemudian
disebut sebagai track. Setiap track dipecah menjadi area yang lebih kecil yang
disebut sector. Pada bagian dari harddisk terdapat sistem yang
menyimpan peta mengenai informasi dari seluruh data sector. Peta ini mengetahui
sector mana yang telah digunakan dan yang mana yang masih kosong. Lalu kemudian
menginstruksikan read/write head untuk berpindah melintasi platter untuk
menemukan lokasi yang tepat, lalu kemudian menyimpannya disana. Untuk membaca
sebuah informasi, proses yang sama dilakukan namun dengan cara terbalik, dimana
sector yang dicari adalah sector yang berisi informasi yang terkait. Begitu
banyak informasi data yang dapat kita simpan pada harddisk meski dengan
ukurannya yang terbilang kecil.
o
Mainboard atau
motherboard
Motherboard (sering disebut juga dengan
mainboard) adalah bagian perangkat keras komputer yang berupa papan, dimana
perangkat keras motherboard ini adalah perangkat keras yang paling utama dan
sangat penting karena berisi system BIOS (Basic Input Output System), pengatur
koneksi input-output(chipset), soket memori (RAM), Soket kartu grafis ( VGA
Card), soket processor, dan soket kartu tambahan (additional cards seperti PCI,
ISA).
Fungsi Motherboard adalah sebagai pusat semua perangkat keras komputer agar semua perangkat keras komputer bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya.
Fungsi Motherboard adalah sebagai pusat semua perangkat keras komputer agar semua perangkat keras komputer bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya.
Motherboard satu-satunya komponen utama tempat untuk komponen
yang terhubung satu sama lainnya. Ia bekerja seperti sistem saraf tubuh kita
dan terutama memiliki kemampuan untuk mengakut data dari setiap jenis.
Menghubungkan sejumlah perangkat namun sebagai fungsi dasar ialah menghubungkan
CPU “Processor” dengan bagian lain dari komputer. Ada dua jembatan utama pada
Motherboard yang menghubungkan berbagai komponen termasuk prosesor.
o
Processor
Fungsi Processor adalah memproses data yang
diterima dari masukan atau input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran atau
output. Cara kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer
lainnya, terutama haddisk drive (HDD) dan RAM.
Adalah menjalankan
sekumpulan intruksi mesin yang memberitahu processor apa saja yang harus
dilakukan, berdasarkan instruksi itu, processor melakukan 3 (tiga) hal dasar
diantaranya:
-
Menggunakan ALU (Arithmetic Logic Unit) yaitu untuk
melakukan operasi matematis seperti pengurangan, penambaghan, perkalian dan
juga pembagian. Mikro processor modern mengandung floating point unit yang
dapat melakukan operasi-operasi yang sangat kompleks pada angka yang cukup
besar.
-
Lalu memindahkan data dari satu lokasi memori ke
lokasi yang lainnya.
-
Mengambil keputusan serta melompat ke instruksi lain
sesuai keputusan tersebut.
Sederhananya cara
kerja prossesor intinya ialah menerima umpan ataupun perintah masuk (inpot)
baik dari mouse, keybord atau alat penginput data yang lainnya yang terhubung,
lalu kemudian menerjemahkan atau memproses data-data perintah tersebut untuk
kemudian mengeluarkan atau meneruskan outputnya ke hardware ataupun software
terkait.
· o Kartu VGA
Fungsi VGA card adalah untuk mengolah data
graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki processor yang
dinamakan GPU (Graphics Processing Unit). Saat
aplikasi yang dijalankan ingin menciptakan sebuah citra, aplikasi tersebut akan
meminta bantuan pada driver kartu grafis. Driver grafis akan mendengarkan
instruksi, baik dari OS atau dari aplikasi, kemudian mengambil data digital
yang diperlukan dan mengkonversikannya menjadi sebuah format yang dimengerti
oleh kartu grafis tersebut.
Setelah itu, driver menyalurkan data digital yang baru diformat tersebut kepada kartu grafis untuk melakukan rendering. Data tersebut berjalan menuju kartu VGA melalui slot pada motherboard(AGP/PCI-E). Setelah disalurkan ke kartu grafis, data akan dikirimkan ke memori kartu grafis sebagai tempat penyimpanan sementara. Kemudian GPU akan mengambil data digital tersebut lalu mengubahnya menjadi pixel. Pada titik ini, pixel belum siap untuk ditampilkan ke layar. Pixel tersebut akan dikirim kembali ke Video RAM untuk disimpan. VRAM terhubung langsung pada RAMDAC yang bertugas menterjemahkan image ke signal analog agar bisa digunakan oleh monitor. Selanjutnya, RAMDAC mengirimkan gambar final kepada monitor melalui display interface, kabel, hingga ke monitor.
Setelah itu, driver menyalurkan data digital yang baru diformat tersebut kepada kartu grafis untuk melakukan rendering. Data tersebut berjalan menuju kartu VGA melalui slot pada motherboard(AGP/PCI-E). Setelah disalurkan ke kartu grafis, data akan dikirimkan ke memori kartu grafis sebagai tempat penyimpanan sementara. Kemudian GPU akan mengambil data digital tersebut lalu mengubahnya menjadi pixel. Pada titik ini, pixel belum siap untuk ditampilkan ke layar. Pixel tersebut akan dikirim kembali ke Video RAM untuk disimpan. VRAM terhubung langsung pada RAMDAC yang bertugas menterjemahkan image ke signal analog agar bisa digunakan oleh monitor. Selanjutnya, RAMDAC mengirimkan gambar final kepada monitor melalui display interface, kabel, hingga ke monitor.
· o Power Supply
Power
suplay adalah sebuah piranti elektronika yang berguna sebagai sumber daya untuk
piranti lain, terutama daya listrik. Komputer baru sekarang ini membutuhkan
daya yang lebih besar karena semakin tingginya pula keinginan untuk memasang
beragam peripheral. Didalam sebuah power supply sudah terintegrasi setidaknya
sebuah cooling atau kipas pendingin.
· o
Soundcard
Soundcard adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk
mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya Sound Card dibuat hanya
sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card menjadi perangkat
wajib di setiap komputer. Adapun fungsi soundcard ini adalah perangkat yang
menangani input suara atau output suara.
·
Bagian Output
Berfungsi sebagai pemberi hasil data
yang telah diolah dikomputer, Berikut contohnya:
o
Monitor
Monitor
atau LCD adalah komponen komputer atau laptop yang memiliki fungsi untuk
menampilkan gambar atau grafis dari komputer kita. Monitor
bekerja melalui sebuah tabung belakang yang menembakkan elektron menuju ke
bagian dalam tabung. Bagian dalam tabung itu sendiri mempunyai kemampuan
memendarkan cahaya sehingga kita bisa menyaksikan bahwa monitor bisa
menghasilkan gambar-gambar yang sangat baik detailnya. Sinar elektron yang
ditembakkan tadi, melewati serangkaian magnet yang kemudian membelokkan sinar
tersebut sehingga menuju bagian-bagian yang semestinya di tabung bagian dalam. Sinar yang disalurkan tadi membetuk
pixel-pixel atau titik. Setiap tempat di tabung bagian dalam mewakili pixel
yang kemudian diisi oleh sinar elektron yang ditembakkan tadi. Pixel yang
terisi sedikit demi sedikit mulai membentuk gambar secara utuh. Dalam rangka membentuk gambar, sinar
melakukan sapuan dari kiri ke kanan yang menyebabkan mereka berpendar ke
berbagai arah. Semua itu menjadikan sinar masuk ke dalam pos-pos pixelnya
sesuai dengan tegangan yang sebelumnya telah diatur. Sapuan sinar tersebut akan
terus dilakukan dan ketika sinar telah mencapai puncak atau ujung, maka sinar
akan berhenti dan proses dimulai dari awal lagi untuk membentuk gambar-gambar
baru. Inilah yang membuat kita dapat melihat berbagai gambar bergerak di layar
televisi.
o
Speaker
Output selanjutnya adalah berupa suara yang di
hasilakn oleh speaker, jadi ketika kita memutar musik pada komputer
mengeluarkan output berupa suara yang menggunakan perangkat speaker. Speaker
bekerja dengan cara mengetarkan komponen membran pada speaker tersebut sehingga
terjadilah gelombang suara.
o
Printer
Adalah komponen tambahan untuk menyetak suatu file bisanya berjenis gambar
untuk diubah kebentuk fisik. Head
dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun
secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada
akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan
kertas. Kecepatannya sangat bervariasi, tapi untuk Epson LX-80, adalah 80
caharacter per second. Pada saat head-printer bergerak dari kiri kekanan sambil
menyentuh kertas,maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan
segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang
dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf. Setiap
character yang terbentuk akan menimbulkan suatu pola unique yang terdiri dari
pelbagai titik didalam dimensi sebuah matrix. Umumnya, printer jenis dot-matrix
juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Untuk printer color,
digunakan pita (karbon/ribon) khusus yang
mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning.
2.
Software
Software
adalah perangkat lunak yang ada pada komputer, untuk lebih memudahkan memahami
software kita menyebut apalikasi untuk menjalan program komputer. Untuk
software komputer ini terdiri dari 5 jenis yaitu:
·
Sistem operasi
Sistem operasi adalah software yang berfungsi mengaktifkan seluruh
perangkat yang terpasang pada komputer sehinga dapat saling berinteraksi. Tanpa
sistem operasi, komputer tidak dapat berfungsi sama sekali. Contoh: DOS,Unix,
Linux, Novell, OS/2, Windows, Mac OS, dll.
·
Program utility
Program utility adalah software yang berfungsi untuk mengisi kekurangan
dari sistem operasi. Contoh: Norton utility, Scandisk, PC Tools, dll.
·
Program aplikasi
Program aplikasi adalah program yang hanya melakukan pekerjaan
tertentu. Biasanya program aplikasi dibuat oleh seorang programmer sesuai
permintaan dan kebutuhan seseorang atau lembaga atau perusahaan untuk keperluan
intern.
·
Program paket
Program paket adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga
dapat digunakan oleh banyak orang untuk berbagai kepentingan. Contoh: Microsoft
Office, Adobe Photoshop, Macromedia Studio, Open Office, dll.
·
Bahasa Pemrograman
Bahasa pemprograman adalah software khusus yang digunakan untuk
membuat program komputer, seperti sistem operasi, program paket, program
aplikasi, dll. Bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga tingkat yaitu :
- Low Level Language yaitu bahasa pemrograman yang sangat sulit
dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin.
- Middle Level Language yaitu bahasa pemrograman tingkat
menengah yang instruksinya sudah mendakati bahasa sehari-hari, namun masih
sulit untuk dimengerti. Contoh pada level ini adalah Assembler,
ForTran.
- High Level Language yaitu bahasa pemrograman tingkat tinggi
menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti. Contoh dari
level ini adalah BASIC, Pascal, C, dll.
- Jadi dapat dsimpulakan bahwa komponen bagian-bagian komputer
yang membentuk suatu kesatuan. Komponen penting dari komputer ada 3 yaitu
hardware , software dan brandware.
http://www.pengertianku.net/2014/11/pengertian-processor-dan-cara-kerjanya-secara-lebih-lengkap.html
Thankyou ini sangat membantu
BalasHapusThankyou ini sangat membantu
BalasHapus